Kawasanindustri.net – Cara Menggunakan Forklift. Forklift atau yang sering disebut sebagai lift truck adalah salah satu material handling yang paling banyak digunakan di dunia logistik. Tujuan utama dari penggunaan forklift adalah untuk transportasi dan mengangkat. Dalam proses penggunaannya forklift biasanya menggunakan pallet plastik untuk tatakannya. Sejarah forklift pertama kali diawali pada tahun 1906. Pennsylvania railroad memperkenalkan sebuah battery platform truck untuk memindahkan barang. Perkembangan selanjutnya banyak terjadi pada saat perang dunia I. Konon menurut sejarah, dunia logistik sangat dipengaruhi oleh adanya perang.

Sebelum kita mengoperasikan forklift, ada baiknya kita akan berkenalan dulu pada bagian-bagian umum yang terdapat pada forklift, yaitu :
Fork : bagian utama dari sebuah forklift yang berfungsi sebagai penopang untuk membawa dan mengangkat barang.
Carriage : bagian dari forklift yang berfungsi sebagai penghubung antara mast dan fork.
Mast : bagian utama terkait dengan fungsi kerja sebuah fork dalam forklift. Mast adalah satu bagian yang berupa dua buah besi tebal yang terkait dengan hydrolic system dari sebuah forklift.
Overhead guard : pelindung bagi seorang forklift driver.
Counterweight : bagian penyeimbang beban dari sebuah forklift. Letaknya berlawanan dengan posisi fork.

Sebelum mengoperasikan Forklift sebaiknya menggunakan alat pelindung keselamatan kerja seperti helm, sepatu, masker, dan kacamata.

Jenis transmisi forklift, diantaranya.
A. Matic atau Automatic Transmission
Forklift tersebut menggunakan tenaga baterai atau accu karena ramah lingkungan. Pada umumnya forklift matic lebih mudah dari pada forklift manual, yang membedakan hanya tuas handle nya.
Tuas handle untuk forklift matic ada 5, diantaranya.
1. Handle di setir sebelah kiri           : Maju dan mundur
2. Handle di Setir sebelah Kanan     : Fungsi lampu-lampu
3. Tuas pertama                             : Naik atau turun
4. Tuas kedua                                : Mencungkil
5. Tuas ketiga                                : Geser ke kanan atau ke kiri

Untuk forklift matic biasanya digunakan pada perusahaan yang bebas polusi atau asap seperti garment, produk makanan dan sebagainya. Begitu juga dengan roda, ada 4 (empat) buah roda mati atau tidak hampa udara. Untuk pengoperasian forklift matic mudah sekali, pada pedal bawah sebagai rem dan kopling, apabila diinjak berarti kopling di pegang. Apabila dilepas berarti rem akan berfungsi. Jika untuk menjalankannya hanya perlu memajukan handle jalan maju atau mundur dan tidak ada perseneling (gigi).

B. Manual Transmission
Forklift manual menggunakan bahan bakar solar. Sebenarnya banyak sekali jenisnya menurut kapasitas angkutnya. Ada kapasitas 3 Ton, 5 Ton, bahkan 8 Ton lebih. Pedal bagian bawah ada gas, kopling dan rem.
Biasanya digunakan di out door, karena menghasilkan polusi yang cukup banyak dari knalpotnya. Cara menjalankannya agak sulit karena seperti menjalankan mobil. Juga roda forklift yang berfungsi untuk berbelok berada di belakang, bukan di depan.
Untuk handle paling kanan ada gigi maju dan mundur, sebelahnya terdapat perseneling gambar kura-kura artinya gigi 1. Gambar kijang berarti gigi 2. Lalu untuk Handle kiri dari kemudian ada naik, turun dan mencungkil. Manual yang membedakannya yaitu tidak ada tuas maju, mundur dan gesernya, sehingga lebih sulit dari forklift matic.

Forklift modern sekarang sudah berbeda jauh dengan sejarah awal forklift yang ada. Forklift modern benar-benar difokuskan untuk kedua hal utama, yaitu transportasi dan mengangkat.

Bagi anda yang ingin membeli pallet plastik baru atau bekas, silahkan kunjungi rajapallet.com. Anda dapat baca juga tentang jual pallet plastik, sewa pallet dan harga pallet plastik.

Cara Menggunakan ForkliftadminkwInfo Kawasan IndustriInfo Penting Cikarang JababekaJababekaKawasan IndustriNewsInfo terbaru
Kawasanindustri.net - Cara Menggunakan Forklift. Forklift atau yang sering disebut sebagai lift truck adalah salah satu material handling yang paling banyak digunakan di dunia logistik. Tujuan utama dari penggunaan forklift adalah untuk transportasi dan mengangkat. Dalam proses penggunaannya forklift biasanya menggunakan pallet plastik untuk tatakannya. Sejarah forklift pertama kali...
Jual Nitto Tape Murah