Kawasanindustri.net –  Penyimpanan Persediaan Barang di Gudang. Barang – barang yang disimpan dalam gudang supaya selalu dalam kondisi siap pakai harus dipelihara dan dirawat dengan baik. Salah satu prinsip pergudangan ialah barang yang disimpan haruslah dalam keadaan siap pakai. Maka dari itu dalam fungsi penyimpanan barang diperlukan pemeliharaan dan perawatan barang dengan baik. Ada berbagai metode penyimpanan barang yaitu disusun sesuai kelompoknya, misalnya berdasarkan ukuran barang, alamat penempatan barang, kode barang, dan lain-lain. Barang logistik ini dapat dikemas ke dalam pallet dan disusun dengan rapih. Penggunaan pallet akan mempermudah barang untuk diambil atau dipindahkan.

Prinsip-prinsip gudang yang baik dalam menyimpan barang :
· 5R = Ringkas, Rapih, Resik, Rawat, Rajin.
· First In First Out (FIFO) yaitu logistik dan peralatan yang pertama masuk adalah yang pertama harus keluar.
· First Expired Date First Out (FEFO) yaitu logistik dan peralatan yang pertama kadaluwarsa harus yang pertama keluar untuk didistribusikan. Dalam penyusunan logistik dan peralatan yang punya masa kedaluwarsanya lebih awal atau yang diterima lebih awal harus digunakan lebih awal sebab logistik dan peralatan yang datang lebih awal biasanya juga diproduksi lebih awal dan umurnya relatif lebih tua dan masa kadaluwarsanya mungkin lebih awal.

Berikut ini adalah tips cara pengaturan barang yang tepat dengan penggunaan pallet, yaitu :

1. Block Stacking
Penumpukan blok palet dimuat langsung ditempatkan ke lantai dan ditumpuk secara vertikal. Idealnya, setiap satu baris palet hanya harus berisi palet dari produk yang sama untuk menghindari penanganan ganda dan untuk menghemat lokasi gudang.

2.Stacking Frame
Pallet dibingkai dengan tonggak-tonggak dan ditumpuk hingga ketinggian tertentu. Barang dalam pallet tidak harus ditumpuk di atas satu sama lain sehingga dapat dengan mudah diambil tanpa harus mengangkat barang di atasnya.

3.Pallet Rack
Pallet rack adalah varian dari single deep rack yang menempatkan dua buah rak tunggal pada sebuah tempat. Barang-barang disusun dalam pallet kemudian ditumpuk dan disimpan dalam rak. Ada dua jenis pallet rack, Single-deep pallet rack hanya menyimpan 1 rak dalam 1 baris, sementara double-deep pallet rack menyimpan 2 rak dalam 1 baris.

4.Drive-In Rack
Drive-in rack menyediakan tempat penumpukan pallet hingga 5-10 baris. Pallet ini dapat dipindah-pindahkan dengan menggunakan forklift. Lini drive-in menyediakan akses bagi forklift untuk menempatkan atau memindahkan stok. Namun, forklift memiliki keterbatasan tempat untuk manuver dan ini membutuhkan waktu tambahan untuk menempatkan maupun mengambil palet.

5.Push-Back Rack
Pallet ditumpuk secara berurutan dan diletakkan di atas sebuah rel yang bisa digerakkan. Ketika sebuah pallet dimasukkan ke dalam rak maka pallet yang sudah ada di dalamnya akan terdorong ke dalam. Selain itu ketika sebuah pallet diambil maka pallet di dalamnya akan menggantikan tempat pallet yang diambil.

Sesuai dengan kebutuhan pallet plastik untuk di gudang, Kami menyediakan pallet plastik dengan kualitas bagus. Kunjungi Palletplastikbekas.com sebagai jawaban untuk keperluan gudang Anda. Baca juga untuk jual-beli pallet plastik, sewa pallet plastik dan harga pallet plastik.

 


 

Cara Penataan Barang di Rak GudangadminkwPallet Plastik
Kawasanindustri.net -  Penyimpanan Persediaan Barang di Gudang. Barang - barang yang disimpan dalam gudang supaya selalu dalam kondisi siap pakai harus dipelihara dan dirawat dengan baik. Salah satu prinsip pergudangan ialah barang yang disimpan haruslah dalam keadaan siap pakai. Maka dari itu dalam fungsi penyimpanan barang diperlukan pemeliharaan dan...
Jual Nitto Tape Murah