Kawasanindustri.netMengenal Forklift | Kelebihan, Kekurangan dan Kegunaan Dalam Industri. Bagi para pekerja di Pabrik atau di Gudang mungkin alat ini sudah tidak asing lagi, karena alat ini selalu lalu Lalang membawa barang membantu dalam proses pengangkutan dan pemindahan barang produksi. Alat tersebut biasa disebut dengan nama forklift.

Forklift adalah mobil berjalan atau kendaraan yang memiliki 2 garpu yang bisa digunakan untuk mengangkat pallet. Garpu forklift pada umumnya kompatibel dengan pallet: pallet plastik, pallet kayu, pallet besi, pallet kardus dll. yang beredar di pasaran. Biasanya barang diletakkan di atas pallet, baru kemudian barang dipindahkan atau diangkat. Yang belum mengenal istilah pallet plastik bisa lihat di pallet plastik.

Forklift memiliki peran yang cukup besar dalam dunia industri, terutama industri yang melibatkan pergudangan, logistik, pengiriman barang. Dalam proses kerjanya forklift ini selalu dibantu pallet plastik. Dengan forklift dan pallet plastik inilah barang-barang yang ada di pabrik atau Gudang bisa dipindahkan dan ditata dengan cepat, sekali pun barang tersebut berat.

Di pergudangan dan logistik, forklift ini paling sering digunakan karena proses pendistribusian barang sangat padat dan dibutuhkan alat transportasi yang dapat mempercepat pendistribusian hingga pengangkatan barang yang sulit di jangkau dengan tangan manusia.

Ada 4 jenis forklift, yang biasa digunakan. Kali ini kita akan melihat ke-4 jenis forklift tersebut berikut kelebihan dan kekurangannya :

Forklift Gasoline atau LPG
Kelebihan: dapat membawa barang dengan kapasitas hingga 2 ton dan mengangkat barang dengan ketinggian hingga 2 meter. Forklift ini sangat ramah lingkungan dapat digunakan dalam ruangan. Kelemahan: menggunakan bahan bakar gas sehingga sulit mencari tempat pengisian gas.

Forklift Gasoline atau LPG

Forklift Diesel
Kelebihan: paling sering digunakan karena memiliki harga yang terjangkau dan perawatan forklift tersebut sangat mudah. Kemampuan forklift diesel ini mempunyai kapasitas hingga 10 ton dan mengangkat barang hingga ketinggian 6 meter.
Kelemahan: tidak dapat digunakan dalam ruangan karena dapat menimbulkan polusi karena menggunakan bahan bakar solar.

 

Forklift diesel - kawasanindustri.net

Forklift Electric
Kelebihan: merupakan forklift paling ramah lingkungan dan dapat digunakan diberbagai ruangan karena menggunakan baterai yang sumber utamanya tenaga listrik. Kemampuan forklift electric mempunyai kapasitas hingga 5 ton dan dapat mengangkat hingga ketinggian 6 meter.
Kelemahan:  forklift ini tidak dapat digunakan terus – menerus karena kapasitas baterai yang normal mampu 5 jam hingga 8 jam.

Forklift Electric

Forklift Reach Truck
Kelebihan: hampir sama dengan Forklift Electric menggunakan baterai sebagai sumber utama tenaga listrik. Hanya saja perbedaan forklift reach truck memiliki kemampuan hingga 2,5ton dan dapat mengangkat atau mengambil barang dengan ketinggian hingga 8.5 – 12 meter. Forklift reach truck ini memiliki ukuran mesin tidak sebesar Forklift Diesel ataupun forklift Gasoline yang dapat digunakan tempat yang tidak luas.
Kelemahannya: menggunakan baterai tenaga listrik yang harus memakan waktu untuk pengisian listrik ke baterai.

Forklift Reach Truck


Demikianlah forklift | Kelebihan, Kekurangan dan Kegunaan dalam Industri. Semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat. Bagi para pengguna forklift yang sedang mencari pallet plastik bisa menanyakan harga pallet plastik di supplier pallet plastik, yang menjual pallet plastik terlengkap

 

Mengenal Forklift | Kelebihan, Kekurangan dan Kegunaan Dalam IndustriadminkwInfo Kawasan IndustriInfo Penting Cikarang JababekaKawasan IndustriPallet PlastikCikarang,Kawasan Industri
Kawasanindustri.net - Mengenal Forklift | Kelebihan, Kekurangan dan Kegunaan Dalam Industri. Bagi para pekerja di Pabrik atau di Gudang mungkin alat ini sudah tidak asing lagi, karena alat ini selalu lalu Lalang membawa barang membantu dalam proses pengangkutan dan pemindahan barang produksi. Alat tersebut biasa disebut dengan nama forklift. Forklift...
Jual Nitto Tape Murah