Kawasanindustri.netPallet Plastik VS Pallet Kayu: Sebuah Perdebatan Panjang Tentang Pallet. Judul artikel kawasanindutri.net kali ini memang bukan dimaksudkan untuk semakin menambah perdebatan panjang tentang pallet plastik dan pallet kayu. Kami berharap, artikel ini membawa sebuah titik temu pemahaman tentang kedua jenis pallet ini.

Sejarah Awal Pallet
Sebelum kita mulai membahas masalah ini perlu kita melihat ke belakang jauh mengenai asal muasal pallet. Pallet pertama kali dibuat dari bahan kayu, Karena kayu mudah didapatkan dari lingkungan sekitar kita. Ingat, bumi awalnya banyak sekali ditumbuhi tanaman dan pohon sehingga kayu mudah sekali didapat.

Sejalan dengan perkembangan kondisi lingkungan hidup dan juga kemajuan teknologi, manusia menemukan plastik. Ternyata plastik mudah dibentuk atau diolah menjadi barang-barang kebutuhan manusia. Sampai akhirnya muncul ide untuk membuat pallet dengan bahan plastik. Jadilah pallet plastik, pallet yang terbuat dari bahan plastik.
 
Setelah produk baru ini dicoba dan ternyata memiliki kelebihan dibandingkan pallet kayu, pallet plastik mulai terkenal dan mendapat perhatian dari para pemilik usaha. Terlebih lagi ancaman akan kelestarian hutan juga menjadi factor pertimbangannya.

Meskipun pallet plastik mulai masuk di pasaran, pallet kayu masih ada yang menggunakan, baik  di negara-negara berkembang seperti Indonesia,  maupaun di negara maju seperti Amerika Serikat.  Setiap orang tentu punya alasan yang berbeda mengapa akhirnya mereka memilih pallet kayu atau pallet plastik. Lalu apakah kedua jenis pallet itu memang sangat berbeda dari segi kualitasnya? Mana yang terbaik dan harus dipilih?

Pallet Plastik VS Pallet Kayu: Sebuah Perdebatan Panjang Tentang Pallet

Pahami Perbedaan Pallet Kayu dan Plastik
Mari kita pahami dulu kedua jenis pallet ini. Secara material bahan pembuatnya jelas kedua pallet tersebut berbeda, yaitu bahan dar kayu dan plastik. Kayu mudah rapuh kalau kena air, bahkan bisa kena rayap, jamur atau serangga kayu lainnya, kayu juga tidak tahan terhadap cuaca extrim. Sedangkan pallet plastik,  bahannya memang memiliki kelebihan: anti air, anti rayap, anti serangga, dan tahan terhadap cuaca extrem.

Kalau kita lihat dari cara membuatnya: pallet kayu bisa dibilang mudah membuatnya dibandingkan pallet plastik, ongkos pembuatan juga lebih murah, Karena pallet plastik membutuhkan mesin/alat khusus untuk membuatnya.

Kayu mudah didapat sedangkan plastik harus mengalami pengolahan. Dari cara membuatnya pun pallet kayu bisa dibuat secara manual oleh manusia, sedangkan pallet plastik harus menggunakan mesin/alat khusus.

Karena bahan yang digunakan untuk membuat pallet kayu lebih mudah didapat, harga lebih murah dan proses pembuatan juga tidak membutuhkan mesin khusus, maka harga pallet kayu lebih murah jika dibandingkan dengan pallet plastik. Harga awal pallet plastik memang lebih mahal, tetapi para pemakai pallet plastik percaya bahwa, pallet plastik memiliki daya tahan lebih lama dibandingkan dengan pallet kayu, sehingga kalau pallet kayu sudah rusah dalam 3 bulan pallet plastik masih bagus dan kuat.

Pallet kayu bisa didaur ulang, serta diperbaiki apabila rusak. Dari segi harga juga lebih murah dan lebih kokoh untuk menahan tumpukan benda yang berat. Namun, kelemahan dari pallet kayu adalah lebih mudah rusak karena mengeluarkan uap air, bisa dimakan rayap, atau memiliki paku yang bisa merusak barang. Sementara pallet plastik sedikit berbeda dengan pallet kayu. Pallet ini lebih tahan lama, bebas serangga, bersih, lebih tahan cuaca, dan tidak memiliki paku seperti pallet kayu.

Nah sekarang Anda mulai memahami kedua jenis pallet tersebut, kalau Anda sudah memahami, yang perlu Anda pertimbangkan adalah industri atau produk apa yang nantinya akan ditempatkan pada pallet kayu atau plastik. Apabila industri Anda lebih pada pengolahan makanan, Anda lebih dianjurkan untuk menggunakan pallet plastik Karena pallet plastik lebih mudah dibersihkan dan higienis serta.

Pemilihan pallet kayu dan plastik juga perlu mempertimbangkan faktor lingkungan. Untuk pallet plastik biasanya memang lebih awet. Tapi jika sudah rusak, pallet tidak mudah diperbaiki. Anda pasti akan membuang banyak limbah plastik yang diketahui akan merusak lingkungan. Berbeda halnya dengan pallet kayu, di mana tebuat dari sumber daya alam. Pastinya pallet kayu lebih mudah diperbaiki saat rusak. Jika sudah rusak parah dan tidak bisa diperbaiki, maka bisa langsung dibakar atau didaur ulang menjadi barang lainnya.

Faktor keamanan juga sangat penting dan memengaruhi lingkungan. Baik pallet kayu maupun pallet plastik pasti akan mudah terbakar. Jika terjadi, maka akan membahayakan diri Anda serta lingkungan sekitar. Maka dari itu pahamilah kode api gudang pallet kayu dan plastik. Pada pallet plastik, umumnya akan terbakar pada suhu atau temperatur yang jauh lebih tinggi ketimbang pallet plastik. Tapi jika Anda memilih pallet plastik ketimbang pallet kayu, pahami kode api dulu sebelum membeli.

Jadi sekarang Anda bisa memutuskan sendiri mana yang lebih Anda pakai dan cocok untuk produk Anda. Semua tipe pallet memiliki kelebihan dan kekurangan, tinggal menyesuaikan dengan produk yang Anda miliki. Apabila Anda kesulitan masalah memilih pallet plastik, segera hubungi Jual pallet plastik, harga pallet plastik atau palletplastik.net.  

 

Pallet Plastik VS Pallet Kayu: Sebuah Perdebatan Panjang Tentang PalletadminkwCikarangPallet Plastikharga pallet plastik,pallet plastik,Supplier Pallet Plastik
Kawasanindustri.net - Pallet Plastik VS Pallet Kayu: Sebuah Perdebatan Panjang Tentang Pallet. Judul artikel kawasanindutri.net kali ini memang bukan dimaksudkan untuk semakin menambah perdebatan panjang tentang pallet plastik dan pallet kayu. Kami berharap, artikel ini membawa sebuah titik temu pemahaman tentang kedua jenis pallet ini. Sejarah Awal Pallet Sebelum kita mulai...
Jual Nitto Tape Murah