Kawasanindustri.net – Perencanaaan Tata Ruang Suatu Gudang. Hal utama yang harus diperhatikan ketika kita membuat atau merencanakan penggunaan ruang untuk suatu gudang adalah tempat penyimpanan barang serta area untuk penerimaan barang, pemilihan barang dan pengiriman barang.

Kita juga harus memperhatikan beberapa kegiatan pergudangan yang membutuhkan tempat atau ruang dalam gudang, diantaranya.
1. Tempat pemeliharaan peralatan.
2. Tempat parkir.
3. Tempat untuk menyimpan barang-barang yang rusak atau barang yang harus dikembalikan atau untuk karantina dan sebagainya.
4. Tempat istirahat untuk para pekerja.
5. Tempat untuk pencatatan atau ruang administrasi.
6. Toilet dan sebagainya.

Berikut adalah beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan dalam membuat perencanaan tersebut, diantaranya.
1. Ukuran tempat penyimpanan barang
Ada tiga faktor yang harus diperhatikan, yaitu:
– Tempat yang akan dipakai untuk penyimpanan barang dan peralatan.
– Lorong atau gang antar barang, untuk akses langsung ke barang.
– Jarak dinding ke barang.

2. Ukuran area penerimaan barang
Jenis dan ukuran kendaraan yang membawa barang akan menentukan apakah diperlukan tempat khusus yang memungkinkan kendaraan tersebut dapat masuk ke dalam gudang untuk melakukan proses pembongkaran atau diperlukan tempat khusus untuk pembongkaran di luar gudang. Kondisi ini akan sangat mempengaruhi besarnya ruang yang diperlukan. Tempat untuk melakukan pemilahan, kontrol kualitas dan persiapan penyusunan juga harus diperhitungkan berdasarkan jumlah barang yang akan diterima/dikirim atau yang harus ditangani setiap hari.

3. Ukuran area pengiriman barang
Hampir sama dengan area penerimaan barang, jenis dan ukuran kendaraan yang akan mengangkut barang akan menentukan apakah diperlukan tempat khusus yang memungkinkan kendaraan tersebut dapat masuk ke dalam gudang untuk melakukan proses pemuatan barang atau diperlukan tempat khusus untuk pemuatan barang di luar gudang. Area khusus juga harus diperhitungkan jika ada barang yang harus diperiksa terlebih dahulu sebelum dimuat ke kendaraan pengangkut.

4. Ukuran area pemilihan / pemilahan / sortir barang
Jika barang yang akan diterima harus dipilah atau disortir terlebih dahulu sebelum disimpan maka area pemilahan ini dimasukkan ke dalam perhitungan kebutuhan area. Jumlah barang yang akan dipilah akan menentukan luas daerah yang diperlukan.

Jika anda membutuhkan pallet sebagai kebutuhan dalam gudang yang sedang anda kelola. Silahkan kunjungi palletplastik.net. Baca juga untuk harga pallet plastik, jual-beli pallet plastik dan sewa pallet.

adminkwPallet Plastik
Kawasanindustri.net - Perencanaaan Tata Ruang Suatu Gudang. Hal utama yang harus diperhatikan ketika kita membuat atau merencanakan penggunaan ruang untuk suatu gudang adalah tempat penyimpanan barang serta area untuk penerimaan barang, pemilihan barang dan pengiriman barang. Kita juga harus memperhatikan beberapa kegiatan pergudangan yang membutuhkan tempat atau ruang dalam gudang,...
Jual Nitto Tape Murah