Kawasanindustri.net – Tips Mudah Mengamankan Stok Barang Digudang. Gudang merupakan suatu fasilitas yang berfungsi sebagai lokasi penyaluran barang dari supplier, sampai ke pengguna. Dalam praktik operasional setiap perusahaan cenderung memiliki suatu ketidakpastian akan permintaan. Hal ini mendorong timbulnya kebijakan dari perusahaan untuk melakukan sistem persediaan (inventory) agar permintaan dapat diantisipasi dengan cermat. Dengan adanya kebijakan mengenai inventory ini mendorong perusahaan untuk menyediakan fasilitas gudang sebagai tempat untuk menyimpan barang inventory.

Dengan menggunakan gudang sebagai tempat penyimpanan barang-arang yang diperlukan,maka akan lebih efisiensi waktu dan biaya untuk kegiatan produksi Anda. Akan tetapi sebelum memutuskan untuk membuat sebuah gudang untuk menyimpan barang-barang stok usaha Anda, setidaknya Anda harus pastikan 3 hal berikut ini sudah ada atasi, apa saja itu? Berikut Rajapallet akan membagikannya untuk anda.

1. Mengatasi Kelembapan Ruangan

Salah satu cara mengatasi kelembapan ruangan dengan Dehumidifier. Dehumidifier adalah suatu alat yang berguna untuk menurunkan kelembaban udara dengan cara menyerap udara yang lembab dan memprosesnya menjadi air yang akan ditampung dalam suatu wadah. Kelembapan umumnya terjadi diruangan yang panas dimana sirkulasi udara segar yang tidak dapat mengalir dengan baik pada ruangan tersebut. Biasanya untuk ruangan yang panas akan dipasang AC (Air Conditioner), tetapi bila ruangan tersebut terlalu dingin pun akan menyebabkan kelembapan pada ruangan tersebut. Oleh karena itu diperlukannya alat untuk mengurangi kelembaban yaitu Dehumidifier.

Alasan kita memerlukan dehumidifier adalah untuk mengurangi tingkat kelembapan dalam suatu ruangan. Dimana bila tingkat kelembapan suatu ruangan tinggi maka akan mengakibatkan timbulnya lumut, jamur dan bakteri. Bila timbul lumut atau jamur maka bisa merusak barang atau peralatan yang ada diruangan tersebut dan menimbulkan korosi atau karatan. Dan bila timbul bakteri tentu saja dapat mengganggu kesehatan penguni ruangan tersebut, biasanya akan terkena gangguan pernafasan.

Cara kerja dehumidifier adalah dengan merubah molekul udara yang lembab menjadi tetesan air menggunakan koil pendingin dan kipas kecil. Ini terjadi akibat tekanan udara yang tinggi karena menurunya suhu udara. Kandungan air di udara mengental dan menjadi tetesan air yang jatuh pada wadah penampung atau disebut collecting bucket. Dehumidifier menyedot hawa panas dan lembab yang kemudian merubahnya menjadi hawa sejuk. Saat aliran udara sedang diproses, aliran udara kedua dibuat oleh mesin. Siklus ini terus memutar tanpa hentu, kecuali pada saat mesin dimatikan. Prosesnya berlangsung saat aliran pertama berkurang kerjanya, aliran udara kedua meningkat. Proses ini membutuhkan energi panas.

2. Antisipasi Terhadap Hama

Selain pengaruh kelembapan yang diakibatkan oleh cuaca, Faktor lain yang dapat membahayakan persedian barang-barang anda digudang adalah binatang hama yang dapat merusak kualitas dari barang yang anda simpan. Binatang-binatang kecil yang biasa hidup di gudang antara lain seperti kecoa, rayap, tikus, dan lain-lain. Cara mengatasinya sebenarnya cukup mudah, anda hanya perlu memaksimalkan poin 1, yaitu menjaga agar gudang tidak sering lembab. Karena apabila suasana gudang menjadi lebih sejuk dan disinari matahari, maka kecoa dan rayap akan pergi menghilang. Sementara untuk tikus yang terlanjur bersarang di dalam gudang, anda bisa menyiasatinya dengan menyusun secara rapi stok-stok barang yang anda miliki, kemudian meletakkan beberapa perangkap tikus.

3. Rak Penyimpanan Khusus

Untuk kemudahan dan efisiensi keluar masuknya barang dari gudang, serta terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh hama maupun suhu lembab ruangan, anda bisa menggunakan solusi cerdas, yaitu menggunakan beberapa rak penyimpanan khusus barang. Selain itu, penggunaan pallet juga sangat memberikan kemudahan bagi anda, untuk pengangkutan barang-barang anda. Pastikan pemilihan pallet yang tepat sesuai kebutuhan barang anda, apakah membutuhkan pallet kayu, ataupun pallet plastik. Untuk mendapatkan berbagai jenis pallet yang berkualitas, anda bisa langsung cek rajapallet atau rajapalletplastik, salah satu penyedia pallet di Indonesia yang jual Palet Plastik yang berkualitas,  serta dengan harga pallet plastik yang murah.

Tips Mudah Amankan Stok Barang DigudangadminkwInfo Kawasan IndustriKawasan IndustriNewsPallet Plastikpallet plastik,Pergudangan,Supplier Pallet Plastik,TIPS
Kawasanindustri.net - Tips Mudah Mengamankan Stok Barang Digudang. Gudang merupakan suatu fasilitas yang berfungsi sebagai lokasi penyaluran barang dari supplier, sampai ke pengguna. Dalam praktik operasional setiap perusahaan cenderung memiliki suatu ketidakpastian akan permintaan. Hal ini mendorong timbulnya kebijakan dari perusahaan untuk melakukan sistem persediaan (inventory) agar permintaan dapat...
Jual Nitto Tape Murah