Kawasanindustri.nete-Faktur Wajib untuk Setiap Pengusaha Kena Pajak Per 1 Juli 2015. Informasi penting bagi para pengusaha kena pajak di sekitar kawasan industri, bahwa mulai 1 Juli 2015, Dirjen Pajak berlakukan faktur pajak berbentuk elektronik (e-Faktur) di Jawa dan Bali. Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang dikukuhkan pada Kantor Pelayanan Pajak di wilayah Jawa dan Bali diwajibkan membuat Faktur Pajak berbentuk elektronik (e-Faktur).

e-Faktur atau faktur Pajak berbentuk elektronik, adalah Faktur Pajak yang dibuat melalui aplikasi atau sistem elektronik yang ditentukan dan/atau disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Pemberlakuan e-Faktur dimaksudkan untuk memberikan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan bagi Pengusaha Kena Pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakan khususnya pembuatan Faktur Pajak.

Pemberlakuan e-Faktur dilakukan secara bertahap sejak 1 Juli 2014 kepada PKP tertentu. PKP yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Jawa dan Bali wajib menggunakan e-Faktur per 1 Juli 2015. Sedangkan pemberlakukan e-Faktur secara nasional akan secara serentak dimulai pada 1 Juli 2016.

Jadi bagi Anda yang sampai sekarang masih membuat laporan faktur pajak secara manual, segera gunakan e-Faktur, karena PKP yang telah wajib e-Faktur namun tidak menggunakannya, secara hukum dianggap tidak membuat faktur pajak sehingga akan dikenakan sanksi pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

By adminkw

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.