Kawasanindustri.net – Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Pallet Plastik. Plastik yaitu material yang sangat akrab dalam kehidupan manusia. Kemajuan teknologi plastik menciptakan aktivitas produksi plastik konsisten meningkat. Hampir setiap produk memanfaatkan plastik sebagai kemasan atau bahan dasar. Material plastik banyak digunakan karena memiliki kelebihan dalam sifatnya yang ringan, transparan, tahan air, juga harganya relatif murah dan terjangkau oleh semua kalangan masyarakat. Segala keunggulan ini menciptakan plastik digemari dan banyak dipakai dalam nyaris setiap faktor kehidupan manusia.

Jenis Bahan Baku Berdasarkan warna dan struktur kimia plastik :
1. LPDE neutral (kantong dan lembaran plastik berwarna putih maupun transparan).
ini ada2 tipe :
A.Plastik PE yang kecenderungan warna agak putih buram.
B. LPDE black (kantong dan lembaran plastik berwarna hitam ataupun sedikit campuran warna lainnya) ini lasim di sebut sebagai  plastik kresek.
2.Plastik PP yang kecenderungan warna putih bening.

Pembuatan palet plastik dapat dijelaskan sebagai berikut:    
1. Memasang cetakan atau yang dikenal dengan mold ke mesin injeksi.    
2. Memasukkan resin ke dalam hopper dryer. Hopper dryer adalah bagian dari mesin injeksi berupa wadah berbentuk kerucut terbuat dari baja, berfungsi sebagai wadah resin sebelum resin bergerak menuju silinder. Dalam satu unit mesin injeksi hanya ada satu hopper dryer, karena itu jika diperhitungkan kurang, maka akan ditambah lagi dan diletakkan di belakang atau di samping mesin injeksi.
3. Setting parameter mesin injeksi dan selanjutnya mesin injeksi akan melakukan proses injeksi. Untuk tujuan keamanan, saat proses injeksi berlangsung,pintu keselamatan/safety-door harus selalu dalam keadaan tertutup.
4. Setelah proses injeksi selesai, mold akan terbuka dan keluarlah produk berupa palet. Karena palet sangat berat, tidak mungkin diambil secara manual(memakai tangan). Oleh karena itu diperlukan tenaga robot pengambil/take-out robot untuk mengambil produk dan meletakkannya ke atas meja robot.

Ukuran dan berat palet plastik
Jika customer memerlukan ukuran palet yang customized sesuai kebutuhannya, maka akan memesan palet ke produsen palet dengan ukuran khusus. Hal ini sangat mungkin dilakukan jika jumlah kebutuhan sebanding dengan ongkos pembuatan cetakan dan biaya-biaya lain yang diperlukan.
5. Tonase mesin injeksi Sebagai bayangan, untuk mencetak palet dengan ukuran tersebut di atas diperlukan mesin injeksi dengan tonase 3000 ton yang untuk mengoperasikannya bisa mengkonsumsi daya listrik sampai 600.000KwH atau sekitar 460.000 rumah jika setiap rumah menggunakan daya listrik 1300watt/1.3 KwH.

Kapasitas Muat
Kapasitas muat palet plastik dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya persentase virgin resin yang dipakai, desain palet dll.

Sebagai gambaran, kapasitas muat palet berukuran 1300x1100x150 di bawah ini memiliki kapasitas muat statis 3000kg, kapasitas muat dinamis 1000kg. Kapasitas muat statis adalah kapasitas muat saat diam, sedangkan kapasitas muat dinamis adalah saat palet dan barang di atasnya dalam kondisi dipindahkan ke tempat lain (ada gerakan).

Jika anda mempunyai kebutuhan pallet plastik, Mahkota Pallet menyediakan pallet plastik baru dan bekas dengan harga menarik. Baca juga

 untuk harga jual-beli pallet plastik dan sewa pallet plastik.

Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Pallet PlastikadminkwInfo Kawasan IndustriNewsPallet Plastikpallet plastik,Supplier Pallet Plastik
Kawasanindustri.net - Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Pallet Plastik. Plastik yaitu material yang sangat akrab dalam kehidupan manusia. Kemajuan teknologi plastik menciptakan aktivitas produksi plastik konsisten meningkat. Hampir setiap produk memanfaatkan plastik sebagai kemasan atau bahan dasar. Material plastik banyak digunakan karena memiliki kelebihan dalam sifatnya yang ringan, transparan, tahan...
Jual Nitto Tape Murah