Sistem dan Tata Cara Perawatan Barang Gudang – Aktivitas digudang dimulai setelah ada banyak barang yang disimpan. Apabila barang-barang tersebut tidak di tata dengan rapi atau di rawat maka barang akan rusak dan susah dalam proses temu kembali. Oleh karena itulah, sistem serta tata cara dari pemeliharan dan perawatan barang wajib untuk dilakukan, mengingat semua barang nantinya akan diletakkan di dalam gudang tersebut untuk beberapa waktu.

Proses pemeliharan dan perawatan merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan secara rutin demi menjaga kualitas barang, ataupun aset yang ada di dalam gudang. Dengan sistem yang rutin maka kondisi gudang akan terpantau setiap hari, sehingga sejak dini sudah mulai terdeteksi apabila ada masalah, seperti ada air menggenang, hama, rayap, barang kedaluarsa dan lainnya.

Berikut beberapa jenis pemeliharan atau perawatan barang yang dibagi dari dua segi, antara lain:

1.Berdasarkan kurun waktu
a. Pemeliharaan setiap hari, jenis pemeliharaan ini dilakukan setiap hari dan dilakukan oleh pengawas gudang ataupun orang yang diberi wewenang dan tanggung jawab atas barang tersebut.
B. Pemeliharaan secara berkala, bisasanya dilakukan dalam kurun waktu sebulan sekali, tiga bulan sekali, ataupun lainnya. Cara pemeliharaan barang seperti ini biasanya akan membutuhkan bantuan orang lain.

2.Berdasarkan Jenis Barang
a. Barang bergerak, barang jenis ini bisa seperti alat elektronik, ataupun barang lainnya yang memiliki tingkat mobilitas tinggi.
B. Barang tidak bergerak, biasanya ini lebih ditekankan kepada aset pergudangan yang ada seperti rak, pallet plastik, kipas angin, dan lain-lain.

Dan untuk lebih menunjang proses perawatan serta pemeliharaan barang serta aset di gudang, ada baiknya para pengawas ataupun pemilik usaha, mempersiapkan beberapa hal berikut , seperti:
Map, Filling cabinet, Ordner,Rak besi, Lemari barang, Penghisap debu, Lap atau kemoceng, Kamper, Oli dan Minyak, Obat serangga, Sapu, Kapur barus, Kantong plastik, Sarung tangan, masker dan lain-lain.

Penataan Barang Secara Teratur
Agar barang digudang mudah dirawat dan dipelihara serta mudah dalam proses distribusi dan penemuan kembali, maka barang di gudang perlu ditata dengan rapi dan teratur. Gunakan pallet plastik sebagai alas, selain untuk mempermudah proses distribusi juga akan mengamankan barang dari benturan.

Apabila barang-barang di gudang Anda banyak, sebaiknya gunakan sistem racking dalam penyimpaannaya.Sistem racking ini penataan gudang akan bisa lebih efektif dan memuat banyak barang. Dengan menggunakan pallet plastik racking, barang-barang Anda bisa disimpan secara racking di gudang.

Manfaat pemeliharaan serta perawatan barang di gudang
Berikut adalah beberapa manfaat dari pemeliharaan serta perawatan barang di gudang:
a. Kualitas barang tetap terjaga dan terhindar dari kerusakan kecil maupun besar
b. Mampu memperpanjang tanggal kadaluarsa suatu barang
c. Terhindar dari kehilangan ataupun miss perhitungan
d. Terhindar dari penyimpanan yang semrawut
e. Terciptanya pelaksanaan distribusi kerja yang baik

Apabila Anda membutuhkan pallet plastik berkualitas dalam melakukan pemeliharaan atau perawatan bisa menghubungi Rajapallet, Rajanya pallet plastik. Kalau pallet plastik bekas hubungi Primapallet yang juga jual palet plastik dengan berbagai spesifikasi sesuai dengan kebutuhan pergudangan Anda. Baca juga tips cara menata barang di gudang sempit.

Sistem dan Tata Cara Perawatan Barang GudangadminkwNewsPallet PlastikPenataan barangpenataan barang gudang,sistem penataan barang,tata cara,tata cara menata barang,tip manata barang
Sistem dan Tata Cara Perawatan Barang Gudang - Aktivitas digudang dimulai setelah ada banyak barang yang disimpan. Apabila barang-barang tersebut tidak di tata dengan rapi atau di rawat maka barang akan rusak dan susah dalam proses temu kembali. Oleh karena itulah, sistem serta tata cara dari pemeliharan dan perawatan...
Jual Nitto Tape Murah