gudang kawasanindustri

Kawasanindustri.net – Arti , Fungsi dan 5 Jenis Gudang yang Perlu Anda Ketahui. Gudang merupakan sebuah fasilitas yang sangat diperlukan dalam dunia logistik, baik digunakan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut adalah arti dan fungsi gudang serta 5 jenis gudang yang perlu Anda ketahui.

Gudang pada umumnya merupakan tempat penyimpanan yang sering digunakan oleh perusahaan dagang. Beberapa dari jenis gudang memiliki struktur besar yang kegiatannya mendukung pembongkaran banyak truk. Seperti halnya truk pemasok barang untuk dikirim menemui pelanggan.

Namun banyak sebagian pebisnis lebih memilih untuk mencari gudang yang disewakan dibandingkan untuk membelinya. Sebab melakukan sewa gudang jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli gudang tersebut.

Maka sangat penting bagi Anda pebisnis untuk mengetahui apa saja jenis gudang yang cocok untuk penyimpanan produk usaha Anda. Berikut dalam artikel ini Anda akan diberitahu apa saja jenis gudang yang cocok bagi bisnis Anda.

Apa Arti dan Fungsi Gudang?

Gudang merupakan sebuah bangunan atau tempat yang digunakan untuk penyimpanan barang-barang. Dalam sebuah bisnis, jenis gudang memiliki peran dan fungsi yang sangat penting.

Selain tempat penyimpanan, gudang juga digunakan juga digunakan sebagai tempat menyortir, mengolah, serta membungkus setiap barang-barang yang akan dijual maupun yang akan dikirim.

Tentunya setiap perusahaan dagang wajib untuk menyimpan barang-barang jadinya sampai barang tersebut terjual. Fungsi dari penyimpanan sangat dibutuhkan sebab siklus produksi dan konsumsi jarang sekali dapat sesuai.

Banyak sekali komoditi yang diproduksi secara musiman, sementara permintaan dari konsumen berjalan terus menerus. Maka dari itu perusahaan dagang harus dapat memutuskan jumlah lokasi penyimpanan barang yang diinginkan.

Apabila semakin banyak jumlah persediaan barang, maka untuk mengirim permintaan konsumen sudah tidak perlu menunggu produksi barang tersebut, Anda dapat mengirimnya secara cepat kepada konsumen Anda.

Sebagai perusahaan dagang, tidak cukup untuk memperhatikan jenis gudang saja, melainkan juga harus menghitung HPP bagi setiap perusahaan yang akan memproduksi produknya.

Tujuan dari menghitung HPP adalah untuk mengetahui besarnya biaya yang dikeluarkan dalam memproduksi barang dan jasa. Selain itu komponen cara menghitung HPP juga masuk dalam laporan laba rugi, sehingga komponen ini termasuk dalam suatu biaya.

Jenis gudang

Gudang memiliki beberapa jenis diantaranya gudang pribadi, gudang umum, gudang climate controlled, gudang otomatis, dan gudang pusat distribusi. Untuk memahami jenis gudang tersebut, berikut di bawah ini akan dijelaskan mengenai jenis-jenis gudang tersebut.

1. Gudang Pribadi

Jenis gudang pribadi adalah tempat penyimpanan barang yang dimiliki oleh para pemasok atau reseller. Perusahaan yang sering memanfaatkan jenis gudang ini adalah perusahaan retail.

Perusahaan akan menyimpan persediaan barang dari pabrik pemasok yang nantinya akan didistribusikan ke beberapa toko yang mereka kelola.

2. Gudang Umum

Jenis gudang umum merupakan sebuah gudang yang disewakan untuk publik, dikarenakan disewakan secara bebas, kepemilikan dan isi gudang juga cukup variatif tergantung penggunaannya.

Biasanya yang menyewa jenis gudang ini adalah perusahaan yang sudah memiliki gudang, namun mencari ruang tambahan dikarenakan keterbatasan kapasitas gudang untuk menyimpan persediaan barang.

3. Gudang Climate Controlled

Jenis gudang ini merupakan gudang untuk aneka produk yang membutuhkan penanganan khusus. Yang dimaksud adalah terkait dengan suhu di dalam gudang. Jenis gudang ini biasanya digunakan oleh perusahaan makanan atau minuman.

Seperti contoh gudang penyimpanan es krim. Untuk menyimpan jenis produk tersebut tentu dibutuhkan gudang khusus dengan suhu yang cukup dingin, dan dari fasilitasnya jenis gudang ini sangat berbeda dengan gudang biasanya.

Tidak banyak yang memiliki gudang semacam ini kecuali perusahaan yang memang terjun di bisnis makanan khusus. Mengenai soal manajemen, tempat penyimpanan ini khusus membutuhkan penanganan yang khusus pula. Sebab jika tidak, maka produk yang disimpan akan mengalami kerusakan atau tidak layak untuk didistribusikan.

4. Gudang Otomatis

Sesuai dengan namanya, jenis gudang ini beroperasi secara otomatis menggunakan teknologi komputer dan robot. Dengan semakin majunya teknologi yang pesat dan terus berinovasi membuat beberapa manusia keberhasilan untuk menciptakan robot canggih.

Maka saat ini sudah banyak beberapa jenis gudang sudah memiliki alat-alat berteknologi tinggi yang dapat mengoperasikan secara otomatis. Banyak yang sudah memakai conveyor belt yang berguna untuk mengangkut barang sehingga meminimalkan sumber daya manusia (SDM).

5. Gudang Pusat Distribusi

Jenis gudang distribusi merupakan sebuah gudang yang menyimpan beberapa produk hanya dalam waktu singkat. Dapat dikatakan, jenis gudang distribusi ini digunakan hanya tempat penyimpanan sementara sebelum nantinya produk tersebut didistribusikan ke berbagai pemasok.

Barang yang disimpan dalam gudang distribusi ini biasanya akan datang di pagi hari dan didistribusikan pada malam hari. Dikarenakan jam kerjanya yang cukup padat dan terbatas, fasilitas yang dimiliki juga disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk kegiatan pemindahan, pengangkatan dan penyimpanan di gudang, ada peralatan yang mendukung kegiatan di gudang seperti pallet plastik, pallet kayu, stretch film, strapping band, material handling. Yang mencari pallet bisa lihat di jual pallet plastik

By