Kawasanindustri.net – Cara Meningkatkan Daya Tahan Pallet. Sebagai pekerja, yang bekerja di pabrik atau pergudangan, kita pasti sudah familiar dengan pallet, apakah itu pallet kayu, pallet plastik, atau pallet karton. Pada akhirnya, kalau semua jenis pallet tersebut rusak dan tidak bisa diperbaiki akahirnya menjadi limbah yang menumpuk.

daya tahan pallet

Setiap jenis pallet memiliki kelebihan dan kekurangan, setelah memilih salah satu jenis pallet yang akan gunakan maka hal yang bisa kita lakukan adalah meningkatkan daya tahan pallet, sehingga memiliki masa pemakaian yang lebih lama.

Agar pallet yang kita gunakan memiliki daya tahan yang baik, maka pilihlah pallet yang tepat untuk kebutuhan Anda. Karena, sebagian besar pallet yang kita gunakan tidak bertahan lama atau mudah rusak karena pallet yang dipilih kurang tepat.

Sebagai contoh: Industri anda adalah pengolahan ikan, karena Anda merasa palleyt kayu lebih murah makan Anda menggunakan pallet kayu. Jelas dari Awal ada kekeliruan dalam memilih pallet. Jelas industri pengolahan ikan selalu dekat dengan air. Apa yang terjadi kalau pallet kayu sering terkena air? Belum lagi, pallet kayu menyerap bau-bauan dari ikan karena permukaan pallet kayu berpori. Untuk itu, pilih pallet plastik untuk industri pengolahan makanan.

Untuk perusahaan farmasi misalnya dianjurkan menggunakan pallet plastik karena lebih higienis.

Pallet Kayu dan Pallet Plastik

Untuk beban yang sangat berat, pallet kayu sangat cocok digunakan sebagai alas. Palet kayu biasanya mencapai umur manfaatnya sekitar 15 hingga 20 perjalanan melintasi rantai pasokan dan sering kali terikat ke tempat pembuangan sampah lokal atau mungkin api unggun yang bagus.

Rata-rata, sekali setiap tiga hingga empat perjalanan melalui rantai pasokan, masing-masing palet ini memerlukan perbaikan untuk terus menahan beban dengan aman. Bukan karena palet kayu tidak kuat; kerasnya rantai pasokan modern membebani.

Perbaikan Umum untuk Palet Kayu Rusak

Palet kayu yang rusak menciptakan lebih dari sekadar lingkungan yang tidak sedap dipandang di sekitar gudang. Mereka bisa berbahaya bagi manusia, produk, dan mesin. Di bawah ini adalah beberapa perbaikan umum yang tidak hanya akan memperpanjang umur palet tetapi juga dapat menghindari kerusakan produk dan peralatan sambil melindungi pekerja gudang dari cedera saat bekerja:

1. Paku dan pengencang yang menonjol: Benda tajam ini tidak hanya memotong pekerja dan produk, tetapi juga bekerja secara rutin terlepas dari palet dan peralatan otomatis macet. Pastikan pengencang ini aman dan rata dengan papan palet.

2. Bahan palet longgar: Periksa papan lepas yang dapat membahayakan integritas palet. Mengencangkan material ini dapat memulihkan kekuatan palet dan melindungi produk yang rusak akibat kegagalan palet.

3. Papan dek yang hilang: Papan dek adalah korban umum dari operasi forklift. Ganti papan yang hilang sesuai dengan persyaratan ISPM-15 untuk mendapatkan kembali integritas struktural palet.

Kepala gudang yang waspada terhadap kelemahan umum palet kayu ini dapat menghasilkan penghematan biaya gudang dan peningkatan efisiensi. Untuk peningkatan yang lebih substansial dalam daya tahan palet, kepala gudang dapat beralih ke inovasi dalam platform pengiriman: mereka dapat mempertimbangkan pallet plastik.

Apabila Anda kesulitan dalam menemukan pallet yang cocok untuk industri Anda, Anda bisa konsultasi pada pakarnya, yaitu Rajapallet. Rajapallet akan memberikan solusi untuk masalah kebutuhan pallet Anda. Kalau mau sewa, bisa kunjungi sewa pallet plastik.

By adminkw