Kawasanindustri.net – Sementara kayu masih mendominasi sebagai bahan utama yang digunakan untuk pembuatan palet, laporan terbaru telah mengidentifikasi pallet plastik sebagai area pertumbuhan tercepat dan terbesar.

pallet plastik untuk industri apa

Apapun industrinya, ada palet plastik yang dirancang untuk itu. Hadir dalam berbagai ukuran, warna, kekuatan, dan desain, jenis palet ini menjadi semakin populer setiap hari, terutama karena banyak sekali manfaat yang dapat ditawarkan pallet ini untuk bisnis.

Untuk memberi Anda lebih banyak gambaran tentang bagaimana palet plastik digunakan, di bawah ini adalah beberapa contoh industri yang menggunakannya secara efektif serta beberapa kegunaan lainnya.

Industri Makanan dan minuman

Umumnya pallet plastik sangat cocok untuk industri makanan dan minuman. Mereka jauh lebih ringan, tahan lama dan lebih mudah dibersihkan dan disterilkan daripada palet kayu. Tidak seperti kayu, plastik secara alami tahan terhadap jamur, serangga, dan jenis kontaminan lainnya, seperti bakteri. Semua karakteristik ini membuatnya cocok untuk mengangkut makanan dan minuman karena dapat membantu menjamin keamanan kargo.

Industri Elektronik

Ada dua alasan utama mengapa pallet plastik sangat cocok untuk mengangkut barang elektronik. Yang pertama adalah persyaratan semua palet menjadi anti-statis. Tentunya, ini adalah kualitas plastik yang dengan mudah memenuhi persyaratan ini, serta banyak persyaratan lain yang dapat memengaruhi jenis barang ini. Kedua, berkat desainnya, tidak ada serpihan atau paku yang berpotensi merusak kargo saat dalam perjalanan.

Industri Farmasi

Pengiriman dari gudang obat dan perlengkapan kesehatan serta obat-obatan memerlukan keahlian tingkat tinggi agar berhasil mengangkutnya. Seringkali, obat-obatan sangat sensitif dan harus dikirim tepat waktu. Industri ini bekerja di bawah peraturan yang sangat ketat yang dapat menghadirkan banyak tantangan bagi perusahaan pelayaran.

Palet plastik dapat menawarkan solusi sempurna untuk banyak tantangan ini. Dengan tidak aktif secara kimiawi dan sangat mudah dibersihkan dan disanitasi, palet ini tidak dapat mencemari kargo apa pun yang tersimpan di dalamnya. Lebih penting lagi, mereka memenuhi semua persyaratan FDA dan ISPM 15.

Industri Retail

Pasar retail yang serba cepat memiliki berbagai kebutuhan saat mengangkut barangnya. Kebutuhan pallet yang awet, higienis, handal dan tahan lama berarti pallet plastik juga cocok untuk pasar ini. Kemampuan untuk menyesuaikan dan memberi merek palet ini juga membuatnya menarik bagi perusahaan dengan identitas merek yang kuat.

Industri kimia

Industri kimia adalah pengguna besar palet plastik karena desain penahan tumpahannya, yang membantu mencegah kerusakan rak dan kontainer pengiriman. Palet juga tersedia dalam berbagai desain dan resin yang sesuai untuk setiap aplikasi.

Industri Pengiriman Kargo Udara

Pengiriman barang melalui udara juga dapat menghadirkan banyak tantangan saat mencoba mengirimkan barang. Yang utama adalah berat. Rata-rata palet plastik hampir 27 persen lebih ringan daripada palet kayu, tetapi masih menawarkan daya tahan yang baik dan dapat mengambil beban yang relatif berat.

Untuk informasi lebih lanjut tentang berbagai tipe pallet plastik, ukuran pallet plastik atau palet apa yang paling cocok untuk bisnis Anda, silakan berkunjung ke Rajapallet. Kalau ingin tahu tentang plastik wrapping bisa lihat di stretch film.

By adminkw