Kawasanindustri.net – Inilah 5 Industri Packaging/Pengemasan Akan Booming di Tahun 2021. Pada tahun 2020 merupakan tahun yang paling berat yaitu adanya wabah atau pandemi virus corona atau virus covid 19, banyak dampak dari adanya pandemi virus covid 19 ke dunia usaha, salah satunya adalah industri flexible packaging atau pengemasan. Berikut 5 Industri Packaging atau pengemasan yang akan booming di tahun 2021.

Inilah 5 Fleksible Packaging / Pengemasan Akan Booming di Tahun 2021

Tahun 2020 ini merupakan tahun yang berat bagi semua sektor industri karena adanya pandemi virus covid 19. Banyak industri dan usaha yang gulung tikar bahkan dengan sangat berat hati memberhentikan dan merumahkan para karyawan dan tenaganya agar usaha masih bisa berjalan.

Bagi industri Packaging atau Pengemasan ternyata juga menimbulkan dampak yang cukup berarti. Para supplier industri cetak printing mulai merasakan dampak dari virus Corona ini terutama dalam pasokan kiriman mesin ataupun consumable parts yang dibutuhkan karena sebagian besar dari luar negeri.

Namun, ada yang menarik saat pandemi Covid-19 ini melanda, selain berdapak kurang menyenangkan di bagian pasokan part mau pun mesin cetak, ternyata pandemi ini memberikan dapak yang positif terhadap prospek perkembangan industri pengemasan. Mengapa demikian??

Di tahun 2021, dimana vaksin Covid-19 telah ditemukan, akan menjadi masa pemulihan terhadap dampak pandemi Covid-19, dan sosial distancing serta Work from home, study from home juga akan masih berjalan, sejalan dengan masa pemulihan. Pandemi Covid-19 ternyata telah merubah perilaku sosial dan perilaku masyarakat dalam pembelian barang makanan.

Orang-orang lebih banyak waktu di rumah memicu lebih banyak menekuni hobi mereka. Misalnya, industri video game sedang mengalami pertumbuhan pesat karena para gamer telah menghabiskan lebih banyak waktu di rumah untuk bermain video game dan banyak gamer baru yang baru mulai bereksperimen dengan kegembiraan bermain game untuk menghabiskan waktu saat berada di karantina di rumah.

Kegiatan belanja online akan meningkat sehingga kebutuhan akan produk kemasan akan meningkat, baik itu untuk produk-produk kebutuhan rumah tangga maupun produk berupa makanan. Selain produk kebutuhan rumah tangga dan makanan, produk solusi perawatan kesehatan juga akan terus meningkat: label peringatan, pembersih tangan, label obat dan vaksin.

Kemasan makanan (terutama kemasan makanan beku) juga mengalami lonjakan pertumbuhan yang besar. Semakin banyak konsumen yang membeli bahan makanan dalam jumlah yang lebih besar baik secara langsung atau melalui layanan pengiriman online.

Inilah 5 Industri Packaging atau pengemasan yang akan booming di tahun 2021

1. Kemasan Makanan Beku
Industri makanan sebagian besar telah mengalami perubahan besar yang disebabkan oleh virus sebagai peluang besar untuk berkembang. Mesikupun berada dirumah terus dan tidak keluar rumah makanan tetap menjadi kebutuhan yang wajib dipenuhi.

kemasan makanan beku

Oleh karena itu dibutuhakan sistem pengemasan makanan yang bisa membuat makanan aman saat pengiriman dan bertahan saat makanan disimpan, kemasan makanan beku adalah jawabannya. Di tahun 2021 ini akan terjadi peningkatan besar dalam permintaan untuk kemasan makanan beku. Bahan yang biasa digunakan untuk kemasan makanan beku antara lain karton, karton, film menyusut, kemasan kulit, dan lainnya.

2. Kemasan Produk Marketplace
Seperti disebutkan sebelumnya, telah terjadi peningkatan yang signifikan dalam belanja online di berbagai kategori. Akibatnya, pengecer harus dapat bekerja untuk meningkatkan permainan eCommerce mereka jika mereka ingin memperoleh bisnis konsumen modern. Selain itu, dengan peningkatan pembelian online, ada peluang besar untuk pertumbuhan kemasan untuk pesanan online ini.

3. Kemasan Produk UKM
Untuk bisa bersaing di dunia perdagangan, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM mengembangkan program peningkatan kualitas kemasan dan produk pelaku koperasi dan usaha kecil dan menengah ke berbagai daerah sebagai upaya memperkuat daya saing sektor riil di pasar nasional dan global.

Sementara itu, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) tengah mendorong program strategis untuk mengembangkan UMKM di Indonesia, terutama dalam mendesain dan merancang kemasan dan melibatkan para pelaku usaha swasta hingga marketplace di Indonesia.

4. Kemasan Video Game
Game mengalami lonjakan pertumbuhan besar yang sebagian besar disebabkan oleh pandemi. Para gamer telah menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain video game di rumah.
Seiring tren ini berlanjut, jelas ada permintaan yang sangat besar untuk persediaan pengemasan untuk konsol video game, disk, pengontrol, dan sejumlah gadget elektronik lainnya yang terkait dengan seni bermain game.

Barang-barang ini sering kali dikemas dalam bahan kemasan yang kaku dan / atau fleksibel seperti kotak plastik DVD, kardus, styrofoam, bantal udara, film menyusut, film peregangan, dan berbagai jenis bahan lainnya.

5. Kemasan Ramah Lingkungan
Di tahun 2021, isu ramah lingkungan juga akan semakin menjadi masalah utama. Sebelum datangnya pandemi, pembeli yang sadar lingkungan telah mendorong banyak perusahaan untuk mengadopsi kemasan berkelanjutan yang dampaknya lebih kecil. Dari pelarangan kantong plastik di supermarket hingga penggantian sedotan yang terbuat dari plastik dengan yang terbuat dari kertas.

Tapi itu semua berubah ketika pandemi tiba. Banyak supermarket yang sebelumnya memutuskan untuk tidak menggunakan kantong plastik kembali menggunakannya karena dianggap bahwa kantong plastik sekali pakai adalah pilihan yang lebih aman saat menghadapi virus.

Ada berbagai jenis barang plastik sekali pakai yang telah keluar karena tuntutan ekologis konsumen yang akhirnya kembali digunakan sehari-hari. Plastik sekali pakai telah terbukti menjadi bahan kemasan yang lebih aman digunakan selama pandemi karena alasan kebersihan.

Saat kita memasuki tahun 2021, alternatif pengemasan yang ramah lingkungan akan terus menjadi masalah utama karena konsumen yang berwawasan lingkungan terus menolak penerapan ulang plastik sekali pakai.

Itulah 5 Fleksible Packaging/Pengemasan Akan Booming di Tahun 2021. Semoga bermanfaat. Kalau Anda mebutuhkan perlengkapan pengemasan produk untuk pengiriman seperti stretch film, Lakban OPP Tape, pallet plastik, bisa berkunjung ke palletplastik.net, atau mahkotapallet. Baca juga 8 peluang bisnis kreatif dimasa pandemi.

By adminkw