kemasan fleksibel

Kawasanindustri.net- Kemasan Fleksibel Bukan Hanya Plastik – Apakah Anda tahu bahwa kemasan fleksibel tidak hanya terbuat dari plastik? Ini bisa dibuat dari satu bahan atau kombinasi bahan seperti kertas, plastik, dan aluminium foil. Kemasan yang dibuat dengan kombinasi bahan-bahan ini dikenal sebagai multi-material packaging.

Meskipun kemasan plastik fleksibel dan kemasan multi-material packaging sering mendapat pandangan negatif karena opsi manajemen akhir masa pakainya yang terbatas dan pasar akhir untuk bahan daur ulang, jenis kemasan ini masih memiliki banyak manfaat yang sering diabaikan.

Kemasan fleksibel dan multi-material packaging berkontribusi secara langsung pada pengurangan pemborosan makanan karena bahan-bahan kemasan tersebut bekerja untuk menjaga kesegaran dan mencegah makanan menjadi basi.

Selain itu, kemasan yang menggunakan kombinasi bahan lebih tahan lama, tetapi juga ringan, sehingga nyaman bagi Anda sambil tetap melindungi produk di dalam kemasan.

Tidak hanya kemasan ini nyaman bagi kita para pembeli, tetapi juga memiliki banyak manfaat lingkungan. Kemasan fleksibel mengirimkan lebih sedikit bahan ke tempat pembuangan sampah dibandingkan dengan bentuk kemasan tradisional karena menggunakan lebih sedikit bahan untuk memulainya.

Karena ringan, kemasan ini juga menggunakan lebih sedikit energi untuk diproduksi daripada jenis kemasan lainnya, menghasilkan lebih sedikit air untuk diproduksi, menciptakan lebih sedikit gas rumah kaca, dan menggunakan jauh lebih sedikit truk dan bahan bakar untuk transportasi.

Dengan semua manfaat luar biasa ini, banyak yang masih memiliki pandangan negatif terhadap kemasan fleksibel dan multi-material packaging karena tidak selalu dapat didaur ulang. Di AS, sekitar 50% kemasan fleksibel dapat dengan mudah didaur ulang melalui program pengantaran di toko karena merupakan satu bahan, tetapi kemasan multi-material packaging lebih menantang dengan teknologi dan infrastruktur fasilitas daur ulang saat ini.

Namun, daur ulang hanya satu faktor dalam keberlanjutan suatu kemasan. Menurut Hirarki Pemborosan EPA AS, metode yang paling disukai untuk pengelolaan limbah adalah pengurangan sumber atau penggunaan lebih sedikit sumber daya untuk memproduksi dan menggunakan kembali kemasan.

Selain itu, ada banyak pekerjaan yang dilakukan untuk memasukkan kemasan ini ke dalam aliran daur ulang. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kemajuan industri dalam mendaur ulang kemasan fleksibel dan multi-material packaging.

Sebelum menganggap semua produk plastik buruk, ingatlah bahwa kemasan fleksibel memberikan kontribusi bagi lingkungan. Ini membutuhkan lebih sedikit sumber daya untuk dibuat – lebih sedikit air dan energi, dan menghasilkan emisi gas rumah kaca yang lebih sedikit, serta membutuhkan lebih sedikit minyak bumi untuk transportasi.

Ini bahkan mengirimkan lebih sedikit bahan ke tempat pembuangan sampah dibandingkan dengan kemasan daur ulang lainnya dan menghemat pemborosan makanan. Baca juga 4 manfaat kemasan fleksibel zipper. Apabila Anda membutuhkamn produk Zipper, kunjungi jual zipper pouch.

By