Cara Mengatasi Listrik Statis pada Mesin Industri – Apakah Anda pernah tersetrum listrik saat sedang berada di dekat mesin industri yang sedang berjalan? Atau mungkin Anda memang operator mesin yang kadang merasakan sengatan listrik yang tidak tahu asalnya dari mana listrik tersebut?

Cara Mengatasi Listrik Statis Mesin Industri

Kali ini kami ingin mambahas cara mengatasi listrik statis yang dihasilkan oleh mesin industri yang sedang bekerja.

Apakah Anda tahu bahwa Anda baru saja tersetrum listrik statis/static?

Selama ini masih Ada yang kurang menanggapi dengan serius masalah ancaman listrik statis yang ditimbulkan oleh mesin printing atau mesin-mesin produksi lainnya.

Padahal, ada ancaman serius yang bisa ditimbulkan dari listrik statis yang berpotensi bisa menimbulkan masalah besar yang tidak terduga, seperti ancaman keamanan bagi operator atau mjungkin bisa menimbulkan kebakaran.

Listrik statis adalah listrik yang ditimbulkan karena adanya fenomena dimana benda-benda yang memiliki aliran listrik saling berpautan tanpa adanya sumber daya listrik

Atau dengan kata lain benda tersebut dapat menghasilkan proton maupun elektron tanpa menggunakan elemen pembangkit energi listrik. Listrik statis dapat ditimbulkan oleh dua benda yang memiliki muatan listrik berbeda.

Berikut beberapa proses produksi yang bisa menjadi penyebab utama timbulnya listrik statis / static.

Listrik static bisa timbul dalam proses produksi yang didalamnya terjadi :

  1. Kontak dan Pemisahan antara dua bahan (termasuk gesekan, dll).
  2. Perubahan panas yang cepat (misalnya Bahan melalui oven)
  3. Radiasi energi tinggi, UV, x-ray, medan listrik yang intens (tidak sangat umum di industri)
  4. Proses pemotongan (mis. Pemotong slitter atau sheet)
  5. Induction (berdiri di medan listrik yang dihasilkan oleh muatan statis)

Kontak dan pemisahan produk mungkin merupakan penyebab umum listrik statis dalam industri tempat film dan lembaran diproses. Itu terjadi ketika bahan terlepas atau melewati roller.

Ketika material menyentuh roller, muatan kecil mengalir dari material ke roller menyebabkan ketidakseimbangan. Ukuran tegangan yang dihasilkan terbatas dalam praktiknya oleh kekuatan pemecahan bahan sekitarnya, konduksi permukaan dll.

Anda sering mendengar retakan kecil, atau muatan statis, saat bahan meninggalkan roller.Di sinilah statis telah mencapai kekuatan gangguan udara di sekitarnya.

Masalah statis muncul di mana produk memiliki kemampuan untuk menyimpan muatan yang cukup besar dan ada tegangan tinggi.

Masalah statis akan menunjukkan dirinya dalam bentuk percikan, tolakan elektrostatik / tarik atau guncangan ke operator. Lallu bagaimana cara mengatasi listrik static?

fraser anti static

Fraser anti static adalah solusi yang tepat untuk mengatasi masalah listrik statsis. Apa keunggulan fraser ini:

Keunggulan Fraser Anti Static

  1. Penggunaan fleksibel dan instalasi cepat.
  2. Segera mengurangi listrik statis tegangan tinggi, dapat menghilangkan listrik statis 90%.
  3. Pilihan ideal untuk aplikasi kecepatan tinggi, terutama untuk industri kain dan mesing penggulungan.
  4. Banyak digunakan dalam industri kertas, plastik, tekstil dan industri terkait.
  5. Terbuat dari 100% konduktivitas tinggi
  6. Cocok untuk industri, seperti percetakan, printing, pengemasan, industri film, puluhan ribu instalasi mesin.
  7. Aplikasi yang luas: proses industri seperti kertas, plastik, tekstil, dan industri terkait lainnya proses penggulungan dan pelepasan.

Ada beberapa pilihan fraser anti statis yang bisa disesuaikan dengan jenis industri perusahaan Anda. Kalau ingin tahu lebih banyak mengenai produk ini dan juga kelebihan serta harga segara hubungi fraser anti statsic.

Cara Mengatasi Listrik Statis Mesin IndustriadminkwUncategorized
Cara Mengatasi Listrik Statis pada Mesin Industri - Apakah Anda pernah tersetrum listrik saat sedang berada di dekat mesin industri yang sedang berjalan? Atau mungkin Anda memang operator mesin yang kadang merasakan sengatan listrik yang tidak tahu asalnya dari mana listrik tersebut? Kali ini kami ingin mambahas cara mengatasi...
Jual Nitto Tape Murah